Kejarlah Urusan Dunia dengan Berjalan, Bukan Berlari

Panduan Alqur'an
Dalam hal melakukan kebaikan atau ibadah, seharusnya kita tahu bahwa seorang Muslim ialah pedomannya pada Al-Qur’an dan Al-Hadits. Sehingga tidak salah jalan dalam mengarunginya. Karena apabila sudah salah langkah, maka kita sendiri yang akan merasakannya lelahnya beribadah. Bukan mendapatkan pahala, malah menggerutu yang kita terbiasa.

Nah, sebagai bentuk jawaban permasalaha-permasalahan tersebut, berikut dijabarkan pedoman khusus di dalam Al-Qur’an yang digunakan dalam membimbing kita:

1.     Urusan berdzikir (Sholat), perintahnya adalah “BERLARILAH!”
“Wahai orang yang beriman, apabila kalian diseru untuk menunaikan sholat Jum’at, maka BERLARILAH kalian MENGINGAT Allah dan tinggalkanlah jual beli.” (QS. Al-Jum’ah : 9)

2.     Urusan Melakukan Kebaikan, perintahnya adalah “BERLOMBALAH!”
“Maka BERLOMBA-LOMBALAH dalam berbuat KEBAIKAN.” (QS. Al-Baqarah : 148)

3.     Urusan Meraih Ampunan, perintahnya adalah “BERSEGERALAH!”
“Dan BERSEGERALAH kamu menuju AMPUNAN dari Tuhanmu dan menuju SURGA…” (QS. Ali Imron : 133)

4.     Urusan Menuju Allah, perintahnya adalah “BERLARILAH DENGAN CEPAT!”
“Maka BERLARILAH kembali ta’at kepada ALLAH.” (QS. Adz-Dzaariyat : 50)

5.      Namun, Urusan Menjemput Rizki (Duniawi), perintahnya HANYALAH “BERJALANLAH!”
“Dialah yang menjadikan bumi mudah bagimu, maka BERJALANLAH di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari RIZKI-Nya.” (QS. Al-Mulk : 15)

Jangan-jangan, selama ini kita merasa lelah atau capek, karena MALAH berlari mengejar dunia yang seharusnya CUKUP DENGAN BERJALAN. Maka dari itulah, jika sudah paham dengan uraian dan dalil di atas, implementasikan dalam kehidupan kita sehari-hari agar ibadah kita tidak sia-sia.

Semoga bermanfaat.


Artikel Terkait

Berharap selalu dalam lindungan Allah SWT agar hidup tetap tenang dan selalu berusaha untuk Menjalankan segala perintahNya dan Menjauhi semua laranganNya.

Bijaklah dalam berkomentar.
EmoticonEmoticon