4 Tahapan Memilih Judul Skripsi

Tags

Apakah Anda sedang kebingungan menentukan judul skripsi? Bagaimana menentukan judul dan tema yang tepat? Jangan khawatir. Simak tip yang diberikan oleh Sri Muliati Abdullah, M.A., Psikolog, Senior Assessor ECC UGM berikut!
Dalam penyusunan tugas akhir, ada banyak hal yang menentukan kurun waktu pengerjaan, baik faktor internal maupun eksternal pada mahasiswa. Keduanya saling berkaitan dan menentukan satu sama lain. Meski demikian, bermacam faktor tersebut bermula pada pemilihan judul yang kerap menjadi sumber perdebatan antara dosen pembimbing dan mahasiswa. 

Berikut adalah beberapa tips menyusun judul skripsi yang orisinal:

1. Pilih judul skripsi sesuai minat.
Dalam menentukan judul tugas akhir, kerap dijumpai mahasiswa memilih secara asal tanpa minat cukup. Berbekal alasan agar cepat lulus, banyak mahasiswa memilih judul yang dirasa mudah dan tidak ruwet. Judul skripsi juga sebaiknya disesuaikan dengan karakter individu yang bersangkutan. 

Sering kali pemilihan judul diikuti dengan pengetahuan minim sehingga memperlama waktu pengerjaan. “Minat terhadap judul maupun topik pada skripsi Anda akan membawa pengaruh pada semangat. Pastikan Anda  memilih judul sesuai minat,” ucap perempuan yang biasa disapa Lia ini tegas. 
2. Tentukan fokus skripsi sejak awal.
Dari judul atau topik yang telah Anda pilih, segera tentukan fokus permasalahan secara gamblang. Uraikan masalah tersebut dalam kerangka pikiran sehingga terstruktur membentuk sebuah kesimpulan maupun solusi. “Anda dapat menggunakan rumus penulisan sederhana 5W + 1 H yaituWho, Why, What, When, Where, dan How. Itu sudah dapat membantu Anda menjabarkan fokus masalah,” jelas Lia. 

3. Perbanyak referensi literatur. 
Dukung pemilihan judul skripsi Anda dengan pengetahuan yang memadai. Banyaknya kajian pustaka maupun karya terdahulu yang dapat menginspirasi Anda, serta perlu untuk diolah lebih lanjut. Menggunakan berita hangat akan mempermudah proses pengerjaan skripsi Anda. “Jangan lupa untuk selalu mencatat berbagai literatur bacaan. Dengannya, Anda tidak akan kesulitan ketika berkonsultasi dengan dosen jika memiliki dasar sumber yang kuat,” tuturnya lebih jauh.

4. Idealis dan realistis. 

Jika Anda telah menemukan minat dan permasalahan, pastikan tidak berseberangan dengan dosen pembimbing. Idealis dalam ide tentu boleh. Namun jangan lupa untuk tetap realistis dalam pemilihan topik dan judul. Skripsi hanyalah tahapan yang harus Anda lalui untuk mendapat gelar sarjana. Jangan sampai karena terlalu idealis, Anda mengindahkan ketersediaan data maupun alat pendukung yang dibutuhkan nantinya dalam pengerjaan.

Nah, sudah tahu kan tahapan-tahapannya? Jangan lupa untuk tetap rajin dan tekun jika mengalami berbagai kendala. Karena hal tersebutlah yang akan menempa Anda menjadi sarjana yang berkualitas.
Semangat!

[CN/LINA/VINIA/TONGKI]^^
http://careernews.id/tips/view/2390-4-Tahapan-Memilih-Judul-Skripsi

Artikel Terkait

Berharap selalu dalam lindungan Allah SWT agar hidup tetap tenang dan selalu berusaha untuk Menjalankan segala perintahNya dan Menjauhi semua laranganNya.

Bijaklah dalam berkomentar.
EmoticonEmoticon