Patut Dicermati, Ini Ciri Air Tidak Layak Untuk Diminum

air layak minum
tebarhikmah.ga - Saat kita haus minum air adalah hal yang tepat untuk kita lakukan. Terlebih air putih yang benar-benar bersih dan terbebas dari zat-zat aneh. Air yang kita minum sehari-hari haruslah mempunyai kualitas yang cukup baik. Kualitas air minum yang buruk dapat memunculkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari diare sampai gangguan ginjal.

Nah, guna mengetahui kualitas air di rumah kita layak minum atau tidak kenali ciri-cirinya seperti yang dikemukakan oleh pendiri dan pimpinan Indonesia Water Insitute, Firdaus Ali.
Bila muncul noda-noda kekuningan di pakaian ataupun tempat penyimpanan air, menurut Firdaus, hal tersebut menandakan air mengandung zat mangan di ambang batas normal.

"Mangan bisa menyebabkan noda pada pakaian, atau bath tub. Batas normalnya 0,3 mg/l. Bila melebihi batas normal, maka akan menimbulkan noda kekuningan-kuningan pada baju," ujar Ali, saat konferensi pers Pureit: Solusi Penyedia Air Higienis untuk Keluarga Sehat, di Jakarta, Selasa (25/8).

Tidak hanya menyebabkan noda kekuningan, air yang memiliki kandungan mangan melebihi ambang batas normal, memiliki cita rasa tertentu saat kita minum. "Jika kadar mangan berlebihan bisa menganggu fungsi ginjal kita," ungkapnya.

Ciri-ciri lainnya, jika terdapat kerak di panci atau wadah ketika merebus air artinya air yang kita konsumsi mengandung kalsium dalam kadar tinggi.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Berharap selalu dalam lindungan Allah SWT agar hidup tetap tenang dan selalu berusaha untuk Menjalankan segala perintahNya dan Menjauhi semua laranganNya.

Bijaklah dalam berkomentar.
EmoticonEmoticon